Saat berlibur mengajak si cilik ke Museum Nasional sebagai tempat alternatif rekreasi anak adalah pilihan yang tepat, karena di sana mereka bisa belajar serta menambah pengetahuan. Museum tersebut merupakan tempat warisan budaya milik Indonesia sekaligus menyediakan informasi edukatif yang mendidik.

Di Museum Nasional, para pengunjung dapat melihat-lihat benda-benda atau peninggalan sejarah, kultural, sekaligus berkreasi. Terdapat sekitar 141.899 benda koleksi yang ada di Museum Nasional yang terletak di kota Jakarta, Jalan Medan Merdeka Barat No. 12 ini.

Berbagai Koleksi Museum Nasional sebagai Tempat Alternatif Rekreasi Anak

Mari kita intip apa saja koleksi museum Nasional yang bisa dinikmati saat Anda mengajak si cilik ke sana:

  1. Koleksi Sejarah: Di sini dipajang benda-benda bersejarah dari jaman penjajahan Eropa atas Indonesia, Anda bisa melihat kain batik kepunyaan Ibu Kartini, bel, meriam, keramik, gelas, dan banyak lagi.
  2. Koleksi Geografi: Terdapat koleksi berupa batuan serta fosil-fosil yang sudah berumur ratusan tahun (75 sampai dengan 135 tahun). Barang-barang koleksi macam kompas, globe, dan perahu pinisi juga dipajang.
  3. Koleksi Prasejarah: Koleksi prasejarah sejak 1,5 juta tahun yang lalu diperkenalkan, mulai dari gelang, bejana. Kendi, dan sebagainya.
  4. Koleksi Keramik: Berbagai macam koleksi keramik dari seluruh dunia, tidak hanya Indonesia seperti Cina, Eropa, Jepang, Vietnam, Thailand, serta Timur Tengah hadir di Museum Nasional sebagai tempat alternatif rekreasi anak.
  5. Koleksi Etnografi: Benda-benda dari berbagai macam suku bangsa di Indonesia menyajikan banyak kebudayaan juga bisa dilihat di Museum Nasional.
  6. Koleksi Arkeologi: Koleksi berupa benda-benda buatan manusia yang memperlihatkan masa Budha dan Hindhu.
  7. Koleksi Numismatik dan Heraldik: Ajak si cilik melihat koleksi koin uang, token, dan uang kertas dari jaman dahulu kala.

Berbagai Macam Pameran yang Bisa Dikunjungimuseum-nasional00

Di Museum Nasional, Anda tidak hanya bisa mengajak si cilik melihat-lihat benda-benda bersejarah, namun di sana juga sering diadakan berbagai macam pameran mendidik. Sesekali Anda bisa berkunjung ke pameran-pameran tersebut.
Untuk harga tiketnya sendiri sangatlah terjangkau hanya 5.000 rupiah untuk dewasa dan 2.000 untuk anak-anak. Murah sekali bukan tiketnya, mengajak si cilik ke Museum Nasional sebagai tempat alternative rekreasi anak.

Sumber : http://www.museumnasional.or.id