Ada berbagai macam cara yang dapat dilakukan oleh orangtua untuk menstimuli kecerdasan si cilik agar dapat berkembang optimal. Salah satunya adalah dengan cara memilih mainan dari beragam jenis mainan untuk meningkatkan kecerdasan anak. Meskipun terkesan sepele, namun mainan dapat memberikan pengaruh signifikan pada perkembangan kecerdasan si cilik. Berikut ini daftar mainan yang dapat Anda pertimbangkan.

1. Mainan yang Dapat Digerakkan

Mobil-mobilan, motor-motoran, dan berbagai variasi kendaraan mainan lainnya memiliki manfaat dalam mengasah kecerdasan motorik kasar si cilik. Saat si cilik sudah lebih dewasa, kita dapat memberikan mainan yang lebih kompleks seperti kereta dorong.

ayunan

2. Ayunan dan Perosotan

Si cilik akan mulai bisa bermain dengan ayunan maupun perosotan ketika ia sudah mulai tumbuh besar sejak usia 1 tahun. Dengan bermain ayunan dan perosotan, kecerdasan motorik kasar si cilik akan lebih terasah. Selain itu, si cilik dapat mengembangkan kecerdasan interpersonal bila kita mengatur agar si cilik bermain dengan teman sebayanya.

3. Puzzle dan Alat untuk Menggambar

Puzzle yang diberikan untuk si cilik tentu saja disesuaikan dengan usia perkembangannya. Untuk awalnya, berilah puzzle yang paling sederhana dimana si cilik hanya perlu memasang satu bagian puzzle pada tempatnya. Dengan bermain puzzle, kecerdasan yang akan berkembang yaitu kecerdasan motorik halus dan visual. Menggambar juga memberikan efek yang kurang lebih sama terhadap perkembangan si cilik. Beberapa permainan lain dengan fungsi sama antara lain lilin dan kubus mainan.

4. Boneka

Boneka dapat menjadi media yang Anda gunakan untuk mengasah kecerdasan interpersonal si cilik terutama saat ia masih sangat kecil. Dengan berpura-pura memainkan boneka dengan suara Anda, si cilik dapat belajar berinteraksi dengan pihak yang bukan orangtuanya.

5. Buku Cerita

Buku cerita memiliki fungsi yang bagus sekali bila digunakan oleh orangtua untuk menceritakan suatu cerita kepada si cilik secara rutin. Dengan menceritakan suatu kisah, Anda akan mengasah kecerdasan linguistik si cilik.

Nah, sampai disini daftar beragam jenis mainan untuk meningkatkan kecerdasan anak . Ingat selalu bahwa jenis permainan tersebut juga harus disesuaikan dengan perkembangan si cilik.