Tahap usia 9 – 12 bulan memang tidak ditunjukkan dengan perkembangan berat badan yang besar pada si cilik. Akan tetapi, pada tahap ini, si cilik mengalami berbagai kemajuan yang tetap harus disikapi dengan baik. Untuk lebih merangsang perkembangan si cilik, orangtua perlu memberikan permainan yang cocok untuk anak umur 9 – 12 bulan. Apa saja permainan yang cocok tersebut?

1. Bermain Bola Sederhana

Gunakan bola dari bahan yang sekiranya tidak akan melukai si cilik dan atur posisi agar Anda duduk berhadapan dengan si cilik. Setelah itu, gelindingkan bola ke arah si cilik agar si cilik menangkapnya. Permainan ini diharapkan dapat memberikan efek positf terhadap kecerdasan motorik si cilik.

2. Bermain Puzzle

Puzzle yang diberikan untuk si cilik tentu saja yang masih sederhana. Berikanlah puzszle dimana si cilik tinggal menempatkan satu buah potongan puzzle pada tempatnya. Permainan dengan puzzle ini akan mengasah kemampuan visual serta kemampuan motorik halus si cilik.

3. Menggambar

Menggambar adalah permainan yang mulai dapat diberikan sebelum si cilik berusia 9 bulan. Permainan ini, tentu harus terus dilanjutkan karena memberikan efek positif pada kecerdasan motorik halus si cilik.

4. Permainan “Cilukba!” dan Berbagai Variasi Permainan Sejenis Lainnya

Dengan bermain cilukba, si cilik dapat belajar berinteraksi dan merasakan kedekatannya dengan orang lain, sehingga dapat mengasah kecerdasan emosional dan sosialnya.

boneka025. Permainan di Bak Mandi

Aktivitas mandi si cilik dapat diisi dengan permainan yang mampu merangsang perkembangannya. Ajak si cilik bercanda dan mengobrol di bak mandi untuk meningkatkan kemampuan linguistik dan interpersonalnya. Anda bisa melakukannya dengan menggelitik si cilik dan menciprat-ciprat air ke badan si cilik.

6. Permainan Lambung ke Udara

Permainan ini akan membantu si cilik berinteraksi dengan dengan orang lain dan memiliki efek yang baik pada kemampuan kognitifnya. Akan tetapi permainan ini harus dilakukan dengan hati-hati.

Anda bisa mencoba berbagai permainan di atas atau permainan lain yang direkomendasikan orang yang ahli. Yang terpenting usahakan permainan tersebut merupakan permainan yang cocok untuk anak umur 9-12 bulan. Bila anda sedang mencari permainan untuk umur 7-9 bulan anda dapat membacanya disini