Si cilik yang semakin tumbuh besar memerlukan permainan untuk perkembangan intelektualitas yang secara langsung mengajarkan berbagai macam edukasi. Untuk itu, orang tua perlu paham apa saja permainan intelektualitas yang tidak hanya berguna bagi tumbuh kembang motorik, namun juga tumbuh kembang mental seperti kemampuan berpikir. Berikut diberikan contoh permainan yang bisa dipilih untuk si cilik.

Permainan untuk Perkembangan Intelektualitas

Ada tiga macam contoh permainan intelektualitas yang dapat Anda berikan untuk si cilik, yaitu:

  1. Permainan blok: Rupanya permainan blok ini tidak hanya membantu kemampuan motorik, tetapi juga mengajarkan edukasi dasar dari konsep matematika hingga kemampuan untuk menyelesaikan masalah. Ketika kita memberikan mainan blok pada si cilik, maka secara otomatis mereka akan belajar tentang berhitung, hitungan pecahan, dan berbagai macam bentuk.
  2. tempat mainanPermainan bola: Saat si cilik bermain bola mereka akan belajar tentang bagaimana cara mengkoordinasi gerakan mata dengan pergerakan badan. Selain itu, saat mereka semakin tumbuh besar dan sudah dapat menangkap serta melempar bola, maka dari situ si cilik bisa belajar berpikir secara logis tentang ke arah mana harus melempar bola, seberapa jauhkah harus melempar bola tersebut, dan sebagainya. Tidak hanya bola yang bisa dipakai sebagai permainan untuk perkembangan intelektualitas, namun permainan menumpuk gelas plastik juga dapat membantu si cilik memahami bagaimana cara menyusun barang-barang di tempat yang benar.
  3. Peti Tempat mainan: Di rumah pastinya si cilik memiliki peti mainan yang berisi mainan-mainan kesayangannya seperti boneka, robot-robotan, dan mainan binatang. Dari sana mereka bisa belajar untuk mengembangkan imajinasi dan juga mendidik untuk belajar rapi dan bersih, seperti apa bila setelah lelah bermain anak – anak dibiasakan untuk merapikan kembali mainannya kedalam peti tempat mainan hal tersebut akan mengajarkan kepadanya tentang kehidupan sehari-hari yang ada.

Itulah beberapa mainan yang baik jika dimainkan oleh si cilik yang saat ini sedang tumbuh dan berkembang. Perlu diingat bahwa mereka memiliki fase bertahap dalam belajar. Anda sebagai orang tua juga bisa menemani mereka belajar dengan permainan untuk perkembangan intelektualitas tersebut di rumah.

Sumber: http://www.parents.com/baby/development/intellectual/3-best-toys-for-intellectual-development/?page=3