Di jaman serba modern anak – anak memiliki banyak opsi untuk memilih mainan, dari yang serba digital, mainan plastik sampai mainan berbahan kayu yang dijadikan mainan edukatif.

Dengan adanya berbagai pilihan tersebut mainan kayu lebih tahan lama daripada mainan lainnya apalagi terhadap benturan keras, sehingga saat si cilik melempar dan membanting mainan maka tidak akan mudah rusak.

Dalam memilih mainan kayu untuk anak, orang tua harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

Pilih mainan kayu yang tidak mengandung racun alias non-toxic
Jangan memilih mainan kayu sembarangan karena bisa jadi mainan tersebut mengandung racun yang berasal dari cat warna yang digunakan, dan akhirnya berbahaya bagi kesehatan si cilik. Cara untuk mengetahui cat warna yang digunakan aman atau tidak adalah dari baunya. Jika Anda mencium bau menyengat dari cat warna atau cat pelapis mainan kayu maka mungkin mengandung zat yang berbahaya. Sebaiknya pilih mainan yang dilapisi cat air karena paling aman, dan dari warna terlihat semi glossy, karena yang terlalu mengkilap (glossy) biasanya menggunakan thinner yang tentu saja tidak aman untuk anak

Perhatikan label yang ada kemasan di mainan kayu
Hal lainMainan kayu yang perlu diperhatikan adalah label yang ada di kemasan mainan kayu. Mainan kayu yang baik pasti akan mencantumkan bahan-bahan apa saja yang digunakan untuk membuat mainan tersebut. Baca dan perhatikan apakah ada bahan-bahan berbahaya yang digunakan.

Pilih mainan kayu yang sudah berlabel SNI
Pilihlah mainan kayu yang sudah diberi label SNI karena sudah pasti lolos inspeksi dan bahan-bahan yang digunakan tidak mengandung racun.

Sesuaikan mainan kayu yang dipilih dengan usia si cilik
Mainan kayu dibuat untuk berbagai usia. Oleh karena itu pilihlah mainan yang sesuai dengan usia si kecil karena perkembangan mereka pun bertahap. Misalnya, jangan memilih mainan kayu berbentuk runcing untuk si kecil yang masih bayi karena akan sangat berbahaya. Jangan lupa juga untuk memilih mainan yang bisa membantu edukasi mereka seperti puzzle, mainan kayu angka dan huruf, mainan kayu lego, dan sebagainya.

Bagaimana anda tertarik membeli mainan kayu untuk si cilik saat ini banyak produsen dari dalam negeri yang memproduksi mainan kayu bahkan hingga diekspor tinggal kita orangtua harus pandai – pandai memilih mainan kayu yang aman untuk si buah hati.

Sumber:

Waspadai Racun dalam Mainan Anak, Begini Cara Memilih yang Aman – http://health.detik.com/read/2013/10/23/113413/2393201/775/waspadai-racun-dalam-mainan-anak-begini-cara-memilih-yang-aman