Ada baiknya kita sebagai orangtua mengetahui mainan yang aman untuk si kecil umur 6 bulan karena pada usia ini dia sudah mulai tertarik dengan namanya mainan. Jangan heran apabila si kecil memiliki keinginan yang kuat untuk meraih mainan warna-warni yang mencolok, memukul-mukulkannya, serta memindahkannya. Carilah mainan yang bisa membantu perkembangan atau stimulasi kecerdasan si kecil. Berikut beberapa mainan yang aman untuk bayi umur 6 bulan:

  1. Mainan yang bersuara: Si kecil akan tertarik dengan mainan yang bila ditarik atau ditekan tombolnya akan terdengar suara atau musik hal ini dapat merangsang pendengaran dan juga meningkatkan aktifitas si kecil.
  2. Berbagai macam bola: Mainan ini selain aman juga dapat digunakan si kecil untuk meraih dan melepaskan bola. Belilah mainan bola yang tidak terlalu berat dan tidak terlalu kecil.
  3. Rattle : mainan yang berbahan karet yang lentur sehingga dapat digigit untuk merangsang pertumbuhan gigi bayi dan tidak membahayakan karena terbuat dari bahan yang lunak. Tetapi anda harus selalu menjaga kebersihannya dan lebih baik mencuci atau disterilkan sebelum dimainkan si kecil, anda tidak ingin ada kotoran yang masuk ke mulut si kecil bukan.
  4. Mainan mandi dengan warna-warna cerah: Saat memandikan si kecil, orang tua bisa mengajak mereka bermain dengan mainan mandi seperti bebek mamainan01inan, ikan mainan, dan perahu mainan. Dari mainan-mainan ini si kecil bisa belajar tentang warna, menuang, dan mencocokkan mainan.

Berikut beberapa kriteria mainan yang aman untuk bayi umur 6 bulan:

  1. Jangan memberinya mainan yang memiliki bagian-bagian kecil mudah terlepas karena di usia ini si kecil suka tergoda untuk memasuk-kan mainan ke mulut.
  2. Jangan beri mainan yang mudah pecah karena bila si kecil melempar mainan tersebut baik disengaja ataupun tidak dapat melukainya.
  3. Pastikan mainan yang Anda beri tidak dibuat dari dari zat-zat beracun yang dapat membahayakan kesehatan si kecil. Perhatikan apakah mainan tersebut memakai cat warna yang beracun.
  4. Yang terakhir adalah agar selalu menjaga kebersihan mainan tersebut, sehingga si kecil dapat terjaga kesehatannya

Bila si cilik memasuki usia 1 tahun anda dapat membaca artikel Mainan Aman dan Mendidik Bayi Umur 1 Tahun