Saat acara ulang tahun akan lebih meriah jika ada permainan seru untuk acara ulang tahun anak. Untuk itu, ada beberapa games mengasyikkan yang bisa dicoba. Namun, pastikan permainan-permainan tersebut sesuai dengan usia mereka.

Kumpulan Ide Permainan Seru untuk Acara Ulang Tahun Anak

Coba lakukan beberapa ide games seru berikut ini:

  1. Balon meletus: Semua tamu mengambil balon masing-masing, kemudian balon tersebut harus diduduki hingga meletus. Siapa cepat dia yang menang.
  2. Menyanyi: Coba ajak mereka bernyanyi, misal “Balonku Ada Lima”, tapi semua huruf vokal di lagu diganti dan dinyanyikan dengan vokal “O”.
  3. Games koin: Siapkan coklat cair dan cemplungkan koin-koin yang harus diambil dengan mulut. Tetapi hati-hati jangan sampai tertelan ya.
  4. Melempar Bola: Buat bola dari remasan kertas Koran bekas dan ajak si cilik untuk melemparkan bola tersebut, tetapi tidak boleh melebihi garis pembatas yang dibuat. Siapa melempar paling jauh dia yang menang.
  5. Limbo: Buat permainan seru untuk acara ulang tahun anak dari tarian limbo dengan menggunakan seutas tali, kemudian suruh para tamu yang hadir berbaris dan bergiliran melewati tali tersebut dari bawah.
  6. Permainan Tertawa: Buat sebuah lingkaran kecil, kemudian suruh salah satu anak duduk di tengah-tengah lingkaran tersebut, sedangkan anak-anak lain yang mengelilinginya harus berusaha sebisa mungkin membuat anak yang duduk di tengah tertawa atau tersenyum dengan tingkah-tingkah yang lucu. Jika si anak tertawa, maka dia harus digantikan dengan yang lain.

    Acara Ulang Tahun

  7. Game Parade Topeng: Siapkan spidol, pensil warna, atau apapun yang bisa digunakan untuk menggambar topeng yang terbuat dari piring kertas. Lubangi piring tersebut untuk bagian mata serta mulut, pasang dua karet di sisi kanan dan kirinya agar nanti bisa dipakai. Setelah itu, suruh para tamu yang hadir dalam kelompok-kelompok kecil menghias dan mengkreasikan sendiri topeng tersebut. Yang paling bagus kreasinya dialah pemenang. Anda juga bisa mengajak mereka melakukan parade topeng.
  8. Memutar benda: Siapkan benda apa saja, tetapi yang tidak berbahaya seperti balon atau bola. Kemudian suruh mereka yang hadir di acara ulang tahun membentuk lingkaran besar. Putarlah balon atau bola tersebut selama musik berjalan, dan hentikan tiba-tiba. Anak yang mendapat balon atau bola saat musik mendadak berhenti harus mendapat hukuman, misalnya disuruh bernyanyi.
  9. Tepuk Balon: Siapkan balon dan berikan masing-masing anak 1 balon untuk ditepuk-tepuk selama musik berjalan. Yang penting balon tidak boleh jatuh ketika ditepuk-tepuk dan musik berlangsung, mendadak hentikan musik dan balon harus ditangkap kembali. Mereka yang berhasil membuat balon tidak jatuh selama game berlangsung adalah pemenang.
  10. Tebak-tebakan berhadiah: Permainan seru yang sederhana dengan memberikan teka-teki atau tebakan yang harus dijawab. Yang berhasil menjawab benar akan mendapat hadiah.

Itulah sepuluh permainan seru untuk acara ulang tahun anak yang bisa Anda coba untuk menambah kemeriahan. Jangan lupa untuk membaca Tips Mempersiapkan Acara Ulang Tahun Anak