Tentu anda tidak ingin melihat si cilik mencakari mukanya dengan kukunya yang sudah panjang. Bila anda masih belum berani menggunting kuku si bayi, cara instan untuk menghindari cakar kuku bayi yaitu dengan mengenakan sarung tangan bayi. tetapi agar motoriknya berkembang dengan baik bayi juga jangan terlalu sering menggunakan sarung tangan. Dan bila Anda sudah ada keberanian untuk menggunting kuku sicilik maka diperlukan beberapa persiapan sebelumnya, yaitu:


  • Gunakan gunting kuku khusus bayi.
  • Siapkan kapas atau Tissu Basah / cotton bud
  • Obat Anti Septic bila tangan si cilik terluka

Langkah pertama waktu yang baik untuk menggunting kuku adalah pagi hari dalam kondisi pencahayaan terang, setelah dia mandi karena kuku akan menjadi sedikit lebih lunak dan akan lebih baik lagi bila sicilik dalam kondisi tertidur pulas atau bila dalam keadaan sadar sicilik tenang dan tidak rewel.kuku-bayi

Langkah kedua biasanya bayi baru lahir tangannya masih dalam kondisi menggenggam untuk itu kita masukan jari kita kesela – sela jemari tangan bayi.

Langkah ketiga gunting kuku bayi dengan peralatan khusus bayi dengan hati – hati, perhatikan reaksi sicilik bila ia merasa gelisah atau sakit berarti anda harus menghentikan sejenak sambil memperhatikan kondisi tangan sicilik dikhawatirkan ada yg terluka. Bila ada yang terluka gunakan kapas yang sudah dibasahi dengan obat anti septic kemudian oleskan secara perlahan.

Langkah Terakhir Bila semua kuku jemari yang panjang sudah dipotong anda dapat membersihkan kuku si cilik dengan tissu basah atau cotton bud dari sisa kuku atau kotoran yang melekat.

Bila anda takut memotong kuku sicilik ada baiknya minta pertolongan kepada orang yang telah berpengalaman agar kuku si bayi tetap terawat dan bersih, sehingga tidak melukai kulitnya sendiri, tetapi dikarenakan kuku bayi cepat panjang ada baiknya anda memberanikan diri untuk memotongnya sendiri. jangan khawatir seiring bertambah bulan sicilik akan terbiasa di gunting kukunya. Selain dapat merawat kuku bayi juga mempererat kedekatan anda dengan sicilik.