Ingin membentuk gigi rapi semenjak bayi menjadi alasan para ibu memilih dot jenis ini. Apa itu dot orthodontic? Dot orthodontic adalah dot yang diciptakan menyerupai putting susu ibu sehingga si kecil dapat menghisap dot dengan nyaman. Bila anda ingin mencarinya dot jenis ini telah banyak ditemui di pasaran dan ibu bisa memilih merek-merek yang sudah terjamin kualitasnya dari merek lokal maupun import. Dan bila didaerah anda sulit dijumpai anda pun dapat membelinya secara online di website yang menjual produk kebutuhan bayi.

Berbagai kelebihan-kelebihan yang membuat dot bayi ini menjadi unggulan yaitu:

  1. Bentuknya menyerupai puting susu ibu membuat si kecil seakan-akan menyusu langsung dari puting sang ibu. Biasanya dot orthodontic bentuknya lebih panjang, pipih atau lebih gepeng dari jenis dot bayi kebanyakan.
  2. Membantu perkembangan gusi dan gigi, Karena bentuk dot jenis ini menyerupai puting susu ibu, maka dot Orthodontic sangat pas di mulut si kecil dan dapat menyesuaikan bentuk mulutnya. Hal ini akan membantu perkDot Bayiembangan gusi dan gigi bayi Anda. Nantinya, gigi si kecil akan tumbuh dengan sempurna.
  3. Membantu pembentukan rahang, Selain gigi dan gusi, dot ini juga membantu pembentukan rahang sang bayi. Kalau Anda perhatikan, dot biasa bisa langsung mengeluarkan susu pada saat dikenyut atau dihisap sekali. Namun, dot orthodontic memiliki efek kenyutan yang lebih banyak dari dot biasa, dan susu di dalam botol tidak akan keluar tanpa dikenyut. Dengan cara ini, rahang bayi akan terlatih.
  4. Merangsang produksi ludah, Dot ini juga dapat merangsang produksi ludah yang berguna sebagai anti bakteri bagi tubuh manusia.
  5. Gigi Rapi, Jika bayi Anda memiliki kelainan pada bagian langit-langit mulut maupun celah bibirnya, maka dot ini sangat pas untuk si kecil. Dan jika tidak memiliki kelainan, dot juga ini dapat membantu menghindari gigi tonggos walau belum ada penelitian yang pasti.

Kapan saat yang tepat untuk mengganti dot? Tentunya saat dot sudah mulai rusak seperti pada bagian lubang dot, atau bagian regulatornya begitu pula ketika dot sudah tidak nyaman untuk dikenyot dan tidak bisa mengeluarkan susu lagi. Demikian beberapa kelebihan dot orthodontic untuk bayi semoga menjadi info yang bermanfaat untuk anda. Dan saat bayi anda rewel karena tumbuh gigi anda dapat mengetahui solusinya disini

sumber: Bagaimana Memilih Dot Botol Susu – http://klinikbayi.com/2009/04/19/bagaimana-memilih-dot-botol-susu/