Penyakit sariawan bisa terjadi pada bayi yang dapat menyebabkan bayi rewel dan sulit untuk mengkonsumsi susu atau asi, oleh karena itu orang tua perlu mengetahui cara mengobati bayi rewel karena sariawan. Berikut tips obat alami yang bisa digunakan untuk si cilik yang berusia 6 bulan hingga 2 tahun.

Tips Mengobati Bayi Rewel Karena Sariawan

  1. Bawang putih: Bunda bisa mengonsumsi bawang putih saat masih dalam fase menyusui. Bawang putih efektif sebagai antibiotik melawan jamur penyebab sariawan.
  2. Makanan prebiotic: Prebiotic dapat mencegah tumbuhnya jamur candida (jamur yang bisa ada pada puting susu dan bisa menyebabkan sariawan saat memberikan ASI) sehingga sariawan bisa dicegah datang kembali.
  3. Grapefruit: Melalui ekstrak biji yang ada di grapefruit sebagai anti jamur, dapat menyembuhkan sariawan dengan cara mencampurnya dengan air kemudian teteskan ke mulut si cilik.
  4. Diet: Diet yang dilakukan adalah dengan memakan makanan sehat dan jangan mengonsumsi makanan kalengan yang mengandung banyak gula. Hal ini akan mendukung kesehatan Ibu dan bayinya. Perlu diingat diet yang dimaksud bukan diet untuk penurunan berat badan.
  5. Minyak kelapa murni: Cara mengobati bayi rewel karena sariawan hanya dengan mengoleskan minyak tersebut ke puting susu ibu sehingga jamur penyebab sariawan dapat diatasi.
  6. Pakaian longgar untuk Ibu Menyusui: Kenakan pakaian longgar sehingga area puting susu tidak lembab dan menyebabkan tumbuhnya jamur.
  7. Cuka sari apel: Oleskan ke putting susu ibu untuk mencegah tumbuhnya jamur candida.

Obat yang Tidak Baik Bagi Bayisariawan

Bayi lebih sensitif soal obat dibandingkan orang dewasa, untuk itu jangan sembarangan memberikan obat berikut ke mereka apalagi saat usia si cilik masih di bawah 6 bulan, berikut obat yang perlu dihindari dalam mengobati sariawan pada bayi:

  1. Nystatin: Obat sariawan ini suka dicampur dengan gula. Namun, ada efek sampingnya seperti menyebabkan sel ragi terbentuk, apalagi adanya gula yang mendukung pembentukan sel tersebut akan membuat sariawan tambah parah.
  2. Anti-muntah: Obat tersebut bisa menyebabkan gangguan pada kesehatan. Sebaiknya selalu konsultasi ke dokter jika ingin mengobati bayi rewel karena sariawan.

Sebagai info tambahan usahakan agar ruangan bayi tidak gelap dan lembab sebab jamur mudah berkembang di area yang lembab dan gelap. Demikian tips untuk mengobati sariawan pada bayi semoga bermanfaat.

Sumber:

  • http://superampuh.com/obat-sariawan-bayi-aman-dan-alami
  • http://artikelkesehatananak.com/obat-yang-harus-dihindari-bayi.html