Beberapa jenis obat untuk ruam popok pada bayi memang perlu apalagi bila Anda menemukan bagian pantat atau paha si kecil yang tertutup popok kemerahan, lecet, dan iritasi. Obat untuk masalah ini bisa secara alami atau menggunakan obat natural maupun obat yang bisa dibeli secara bebas di pasaran. Berikut beberapa obat yang efektif digunakan untuk menyembuhkan ruam popok buah hati Anda:

Jenis obat alami untuk ruam popok

  1. Oatmeal: Saat Anda ingin memandikan si kecil, sebelumnya taburkan bubuk oatmeal ke dalam air mandi. Kemudian mandikan bayi, jangan lupa rendam/dudukkan bagian pantat serta pahanya dan tunggu beberapa menit saja maka obat alami ini akan efektif mengatasi ruam.
  2. Lidah Buaya: Ambil saja gel yang terdapat pada tanaman lidah buaya kemudian oleskan langsung di bagian ruam popok si kecil.
  3. Minyak: Minyak di sini yang dipakai adalah minyak jarak atau minyak ikan cod. Caranya sama, langsung oleskan saja di daerah yang terkena ruam. Untuk minyak jarak terlebih dahulu campurkan dengan air.
  4. Baking soda: Penggunaan baking soda sebagai salah satu dari beberapa jenis obat untuk ruam popok sama dengan penggunaan bubuk oatmeal. Taburkan saja baking soda ke air mandi si kecil.
  5. Campuran berbagai minyak: Campuran dari minyak lavender, minyak peppermint, serta minyak cendana dapat menjadi obat ampuh untuk mengatasi lecet-lecet yang disebabkan oleh ruam.

Jenis obat kimia yang dijual bebas untuk ruam popok

Anda bisa membeli obat kimia atau obat buatan pabrik di apotek seperti krim atau salep yang dijual secara bebas. Merek-merek terkenal untuk obat ruam popok seperti Bepanthen, Switzal, baby-dee, Sebamed, dan baby cream diaper rash sangat efektif untuk menyembuhkan lecet dan iritasi pada kulit sensitif si kecil.

Ingat, bahwa jika Anda sudah berusaha untuk mengobati ruam popok si kecil namun setelah 3 hari tetap tidak hilang bahkan setelah menggunakan beberapa jenis obat untuk ruam popok baik alami atau kimia, maka segera periksakan ke dokter.

Untuk pencegahan anda dapat membaca: Cara Efektif Mencegah Ruam Popok Pada Bayi