Memperkenalkan waktu dan jam pada si cilik sejak dini memang diperlukan terutama sebelum masa prasekolah di mana mereka belum paham betul tentang konsep waktu. Mengenalkan konsep waktu sebetulnya gampang-gampang susah karena si cilik tidak dapat memegang ataupun merasakan waktu. Namun, ada beberapa tips sederhana mengenalkan waktu dan jam pada anak yang bisa dicoba.

Cara Orang Tua Mengenalkan Waktu dan Jam pada Anak

Dalam mengajarkan waktu dan jam, orang tua harus sabar karena si cilik mungkin memerlukan waktu untuk bisa memahami semuanya. Selain itu, biasanya mereka hanya mengerti tentang waktu sekarang yang berpusat pada diri sendiri. Coba ajarkan cara-cara berikut:

  1. Mengajarkan tentang jamMulai dengan nyanyian: Anda bisa mencoba mengenalkan pemahaman akan waktu dan jam lewat nyanyian. Misal, nama-nama hari dalam seminggu seperti “Hari Senin waktunya pergi ke sekolah” yang diajarkan dengan irama lagu.
  2. Sering ajak bercakap si cilik dengan menyisipkan konsep waktu: Obrolan seru dengan si cilik akan membuat mereka mudah memahami pengenalan akan waktu dan jam seperti pagi, siang, sore hari, dan malam. Hal ini bisa menjadi tips sederhana mengenalkan waktu dan jam pada anak. Saat bercakap, Anda juga bisa menunjuk langsung ke kalender.
  3. Bacakan buku cerita: Berikan si cilik buku cerita dengan berbagai gambar menarik serta ada konsep waktu dan jam di dalamnya. Anda juga bisa memberikan buku cerita yang dilengkapi dengan jam mainan di mana terdapat jarum pendek dan jarum panjang seperti jam sungguhan.
  4. Pakai kalender: Berikanlah tanda dengan menggunakan stiker lucu pada kalender spesial, misalnya pada saat hari ulang tahun si cilik. Dari situ mereka akan belajar menghitung mundur sampai hari ulang tahun dan kemampuan si cilik pun akan terasah. Orang tua juga bisa membuat mata rantai dari kertas yang nantinya dapat dirobek satu-persatu seiring berlalunya waktu menuju ulang tahun si cilik sendiri.

Itulah beberapa tips sederhana mengenalkan waktu dan jam pada anak, tidak ketinggalan ajarkan pula pemahaman tua-muda serta cepat-lambat.