Bad mood memang sering menyerang siapa saja, tak terkecuali si cilik tercinta. Bad mood-nya si cilik pasti membuat para orangtua kebingungan. Bukan tidak mungkin beberapa orangtua frustasi dan malah marah-marah kepada si cilik. Apalagi, bila para orangtua sedang menghadapi banyak masalah. Eits, sabar dulu! Dalam menghadapi si cilik yang sedang bad mood, orangtua yang cerdas tentu harus memiliki kiat khusus yang ampuh. Biasanya, orangtua yang berpengalaman, sudah memiliki kiat khusus ini. Lalu, bagaimana dengan orangtua yang masih baru? Yuk, simak tips menghibur anak yang sedang bad mood berikut ini!

1. Selidiki Penyebab Bad Mood

Coba pelan-pelan selidiki kenapa si cilik bad mood. Mengetahui penyebab bad mood si cilik akan membuat kita lebih mudah melakukan pendekatan dan menghiburnya. Cara untuk mencari penyebabnya, bisa kita lakukan dengan bertanya langsung atau memancing si cilik agar membuka masalahnya. Memancing si cilik membuka masalahnya dapat kita lakukan dengan melontarkan pertanyaan/pernyataan yang menjurus pada dugaan kita. Misalnya, ketika si cilik terlihat muram sepulang sekolah, kita kemudian menceritakan bahwa dulu kita sering juga sebal sepulang sekolah karena bertengkar dengan teman dan dimarahi guru. Dengan begitu, harapannya si cilik jadi terpancing untuk nimbrung dan menceritakan masalahnya pada kita.

bayi-bad-mood2. Sabar!

Poin penting dalam tips menghibur anak yang sedang bad mood adalah kesabaran. Tanpa kesabaran, orangtua tidak akan bisa menyelidiki penyebab bad mood si cilik lalu menghiburnya. Bagi para orangtua yang kurang sabar, coba bayangkan saat kita sedang bad mood. Pasti ingin marah-marah terus, kan? Apalagi, si cilik masih begitu kecil.

3. Ajak Main Pelan-pelan

Nah, bila kita sudah menerapkan dua poin di atas, kini saatnya kita benar-benar menghibur si cilik agar keluar dari suasana bad mood. Kita pancing si cilik untuk bermain. Mulanya memang mungkin sulit. Namun, dengan usaha keras, tentu si cilik akan mulai terpancing. Kita bisa mencoba memainkan karakter tertentu dan mengajak si cilik terlibat. Misalnya, kita pura-pura menjadi Bu Dokter lalu kita menghampiri si cilik yang kita jadikan sebagai pasien. Buat dialog-dialog lucu dan menimbulkan rasa penasaran agar si cilik ingin terlibat.

Nah, demikian tips menghibur anak yang sedang bad mood. Semoga tips tersebut benar-benar bermanfaat dalam menghadapi bad mood-nya si cilik! Bagaimana mengatasi anak yang suka mengamuk  anda dapat membacanya disini