Duh, pasti pusing sekali ketika si cilik sedang mengamuk. Belum lagi kalau si cilik mengamuk di tengah keramaian. Kadang, perasaan malu ditonton orang akan semakin memperburuk keadaan. Padahal, si cilik yang mengamuk bukan sekali dua kali terjadi selama setahun. Oleh karenanya, para orangtua memang sepatutnya paham dan bisa menerapkan solusi cerdas dalam menghadapi si cilik yang sedang mengamuk. Nah, daftar solusi bila anak mengamuk berikut ini mungkin dapat dijadikan pertimbangan mengatasi masalah tersebut.

1. Selidiki Penyebab Mengamuknya si Cilik
Kenapa si cilik mengamuk? Pertanyaan tersebut patut diketahui jawabannya agar kita bisa mengatasi amukan si cilik dengan lebih efektif. Bisa jadi si cilik mengamuk karena bosan, kalah setelah bermain dengan teman, hingga tidak kita turuti permintaannya. Namun, dengan mengetahui penyebab amukan si cilik, tidak berarti kita lantas memenuhi semua keinginan si cilik agar ia tidak mengamuk. Bila kita melakukannya, tentu efek yang ditimbulkan malah tidak baik. Pengetahuan mengenai penyebab amukan si cilik seyogyanya kita gunakan untuk menasehatinya setelah ia tenang dan mengalihkan perhatian si cilik dari hal yang memicu amukannya.

2. Bawa si Cilik ke Tempat yang Tenang
Keramaian atau tatapan orang seringkali membuat amukan si cilik semakin parah. Sebagai orangtua, kita pun akan semakin malu saat si cilik meraung-raung di tengah keramaian. Kondisi ini tentu tidak menguntungkan bagi kedua belah pihak. Jadi, saat si cilik mengamuk, ajaklah ia ke tempat yang sepi. Hindari suasana ramai dengan tatapan banyak orang.

bayi-marah3. Peluk dan Tunjukkan Kasih Sayang Kita pada si Cilik
Solusi bila anak mengamuk yang ketiga adalah dengan memperlakukan si cilik dengan kasih sayang. Peluk erat si cilik untuk menenangkan amarahnya. Gendong ia dan tepuk-tepuk punggungnya dengan lembut. Dengan begitu, si cilik akan merasakan kenyamanan dan keamanan dari orangtuanya agar amarahnya mereda

4. Tunggu Waktu yang Tepat
Ketika si cilik sedang mengamuk, jangan harap segala nasehat kita akan di dengarnya. Malah, nasehat yang kita lontarkan bisa membuatnya terpancing untuk semakin memberontak. Untuk itu, kita harus tetap tenang dan fokus membuat amukan si cilik reda terlebih dahulu. Kita bisa memberikan nasehat kepada si cilik saat ia sudah tenang dan siap menerima apa yang akan kita katakan.

5. Senandungkan Lagu
Bila anda biasa bernyanyi dengan si cilik hal tersebut dapat membantu si cilik untuk lebih tenang dan meredakan amukan, atau bisa juga anda menyalakan perangkat audio kemudian pilih lagu – lagu yang tenang seperti lagu penghantar tidur yang biasa didengar oleh si cilik.

6. Jadikan Diri Anda Teladan yang Baik
Solusi bila anak mengamuk yang terakhir adalah dengan menjadikan diri Anda sebagai teladan yang baik. Saat menghadapi masalah, tenangkanlah diri Anda terutama saat berada di hadapan si cilik. Cara ini akan memberikan gambaran nyata yang bisa dicontoh oleh si cilik. Apalagi, si cilik yang masih berusia sangat muda dapat diibaratkan seperti spons yang akan menyerap apapun di lingkungannya lalu menirunya. Cara ini juga akan melengkapi nasehat yang kita berikan. Tanpa tindakan nyata, si cilik akan menganggap apa yang kita katakan hanya omong kosong belaka. Inti dari semua tips diatas adalah anda harus mengasuh anak dengan hati.