Ingin tahu kapan anak anda belajar tengkurap atau mulai duduk hingga dapat berjalan sendiri.

Berikut perkiraan rentang waktu bayi dari tengkurap hingga berjalan

Umur 0 hingga 2 Bulan

Reflek untuk berjalan, pada saat memegang bayi dengan posisi seperti berdiri kedua kakinya secara otomatis melakukan gerakan seperti hendak berjalan. Reflek ini akan hilang dengan sendirinya saat 6 bulan setelah kelahiran.

Umur 3 – 4 Bulan

Pada saat ini bayi mulai dapat tengkurap sambil mengangkat kepala dan dadanya, dengan bertumpu pada lengan. Perkembangan otot tubuh bagian atas ini merupakan hal yang sangat penting untuk nantinya di saat bayi berjalan.

Umur 5 Bulan

Meloncat – loncat saat kita memegang bayi dengan posisi berdiri. Gerakan ini membantu bayi untuk membangun kekuatan pada kaki.

Umur 6 – 8 Bulan

Belajar Duduk. Bergerak untuk duduk sendiri pada bayi dapat memperkuat leher, kontrol kepala, keseimbangan dan koordinasi, semua ini merupakan keahlian yang penting untuk dimiliki bayi agar dapat berjalan. Kebanyakan bayi juga belajar merangkak di antara umur 6 hingga 10 bulan, walaupun ada juga yang belum dapat merangkak sudah langsung dapat berjalan.

Umur 8 Bulan

Dapat Berdiri sendiri sambil berpegangan pada sesuatu. Beberapa minggu kemudian bayi akan mulai menjelajah, melangkahkan kakinya bergeser sedikit demi sedikit sambil meraih sesuatu yang tinggi sebagai pegangan.

Umur 9 – 10 Bulan

Mengangkat badannya untuk berdiri dengan bantuan benda yang tinggi dan kokoh seperti kursi atau meja. Mencari tahu cara menekuk lututnya untuk duduk setelah berdiri

Umur 11 Bulan

Bayi dapat berdiri sendiri tanpa dibantu dalam beberapa detik. Ada juga yang dapat berjalan dengan berpegangan tangan kita.

Umur 11 – 14 Bulan

Langkah Pertama.. Pada umur 13 Bulan, 3 dari 4 anak dapat berjalan, meskipun gerakannya kaku dan gaya jalannya dengan merentangkan lengan adalah supaya dapat menjaga keseimbangan. beberapa saat lagi bayi akan belajar berhenti setelah berjalan kemudian turun lalu berdiri dan berjalan kembali.

Umur 14 – 15 Bulanberjalan

Anak anda sedang asik – asiknya belajar mengangkat dan mendorong mainan. Dan ada kemungkinan dia belajar berjalan melangkah mundur

Perhatian!
Jika anak anda belum dapat berjalan pada umur 14 – 15 Bulan ini, walaupun masih dapat dianggap normal. Ada baiknya jika berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui hambatan apa yang mungkin mengganggu perkembangannya.

Umur 16 Bulan

Dengan bantuan kita si anak dapat berjalan naik turun tangga

Umur 18 Bulan

Bayi dapat berjoget dengan diiringi musik

Umur 19 – 24 Bulan

Dapat berlari dengan lebih cepat. Senang membawa sesuatu dengan tangannya sambil berjalan. Menjelang ulang tahun yang ke-2, dia belajar melompat dari tempat yang agak tinggi ke dasar dibawahnya.

Sumber:

  • http://www.babycenter.com/0_your-childs-walking-timeline_10357004.bc
  • Image: http://pixabay.com/en/users/pruzi-179411/