Pastinya sebagai orang tua Anda pernah mengalami sulitnya mendidik anak agar rajin belajar. Namun jangan kuatir, sebetulnya si kecil dapat dipicu untuk terus rajin belajar dengan beberapa tips jitu berikut ini:

Jangan langsung memarahi: Sebaiknya, apa yang harus dilakukan orang tua ketika mengetahui bahwa prestasi sekolah sang buah hati turun alias nilai “jeblok”? Intinya jangan langsung memarahi si cilik apalagi sampai berkata bahwa dia bodoh karena perkataan tersebut justru akan menurunkan semangat untuk rajin belajar. Mendidik anak agar rajin belajar dapat dilakukan dengan berbicara baik-baik dengannya tanpa harus mengomel. Maafkan serta tanyakan kenapa nilainya bisa turun kemudian cari solusi dan berikan tuntunan.

Berikan pujian: Berikan pujian untuk si cilik namun jangan berlebihan, pujian digunakan agar dia dapat memupuk rasa percaya diri untuk lebih berprestasi. Katakan bahwa dirinya pintar maupun hebat. Orang tua juga bisa meminta bantuan sekitar untuk mau memberikan pujian kepada si cilik misal guru di sekolah maupun guru les apabila ada.membaca

Berikan pemahaman tentang pentingnya belajar: Tentunya orang tua harus memberikan pengertian tentang pentingnya belajar. Anda bisa memberitahu si kecil bahwa belajar penting untuk masa depan nanti atau lebih mudahnya berikan penjelasan yang mudah dicerna si cilik. Misal, dengan belajar berhitung maka nantinya dapat menghitung harga jajanan dia sendiri, dengan belajar bahasa inggris maka juga dapat berkomunikasi dengan orang asing.

Menjadi Contoh: Sebagai Orang tua tentunya kita selalu menjadi contoh tauladan anak kita, ketika setiap orang didalam rumah selalu menyempatkan diri untuk membaca atau mengerjakan hal – hal yang bermanfaat maka si cilik secara otomatis akan mencoba mengikuti jejak kita.

Ajak anak untuk disiplin waktu: Biasakan sang buah hati untuk belajar di jam tertentu dan jangan lupa untuk tetap memberikan waktu luang kepadanya, misal jam istirahat dan bermain agar dia tidak stres. Tentunya cara mendidik anak agar rajin belajar yang satu ini harus dilakukan dengan membuat kesepakatan.

Berikan penghargaan yang layak didapatkan anak: Jika si cilik mendapatkan prestasi gemilang di sekolahnya, maka orang tua dapat memberikan penghargaan bisa berupa hadiah atau pergi wisata, hal ini nantinya dapat memicu semangat si cilik untuk rajin belajar dan lebih berprestasi lagi.

Semoga tips diatas dapat bermanfaat, apabila anak anda jelek dalam menggambar sebaiknya orang tua jangan emosi terlebih dahulu anda dapat membaca artikel ini: Mengapa Ada Anak Pintar Menggambar yang Lain Tidak