Apakah Anda sebagai orang tua pernah bertanya-tanya mengapa ada anak pintar menggambar yang lain tidak? Mungkin Anda pernah memperhatikan ada orang yang pintar menggambar dan hanya memerlukan waktu sebentar untuk menyelesaikan suatu gambar, sedangkan yang lainnya membutuhkan waktu berjam-jam hanya untuk membuat satu gambar. Rupanya ada suatu penelitian yang membahas tentang hal tersebut. Mari kita pahami sehingga bisa mendapatkan jawaban dari pertanyaan di atas.

3 Alasan Mengapa Ada Anak Pintar Menggambar yang Lain Tidak
Ada tiga hal yang bisa menjelaskan mengapa ada orang yang pintar menggambar sedangkan yang lainnya tidak. Alasan di bawah ini diambil dari berbagai macam penelitian:

  1. Bagaimana seseorang memandang realitas atau kenyataan: Biasanya mereka yang tidak pintar menggambar tidak melihat dunia sebagaimana kenyataannya. Contohnya, ketika si cilik memandang suatu objek, sistem visualnya otomatis salah menilai atribut seperti warna, ukuran, dan bentuk. Ada suatu penelitian yang menunjukkan bahwa kesalahan persepsi tersebut dapat menyebabkan error dalam menggambar. Selain itu, mereka yang sulit menilai dengan benar suatu warna, kecerahan, bentuk, dan ukuran biasanya lebih buruk jika diminta untuk menggambar. Sementara mereka yang pintar menggambar dapat mengatasi dengan baik berbagai kesalahan persepsi tersebut.
  2. colored-pencilsSeberapa baik seseorang atau si cilik dapat mengingat informasi visual dari satu waktu ke waktu berikutnya: Penelitian juga menunjukkan bahwa mereka yang pintar menggambar memiliki ingatan visual yang lebih baik dari suatu objek secara mendetail. Bisa jadi, hal inilah jawaban dari mengapa ada anak pintar menggambar yang lain tidak.
  3. Bagaimana seseorang memilih elemen dari suatu objek yang ingin digambar: Orang atau si cilik yang pintar menggambar biasanya dapat memilih bagian objek yang perlu untuk digambar sehingga menghasilkan hasil yang baik. Berbeda dengan mereka yang kurang pintar untuk memutuskan bagian-bagian mana yang perlu untuk digambar.

Namun, jangan kuatir, karena kemampuan menggambar si cilik bisa ditingkatkan dengan cara terus menerus berlatih. Tentunya sebagai orang tua Anda lah yang harus menuntun mereka mengenai hal ini. Itulah beberapa alasan yang perlu diketahui tentang mengapa ada anak pintar menggambar yang lain tidak, lalu bagaimana caranya agar anak anda menjadi lebih pintar info menarik ini sebaiknya anda baca : Dari Penelitian, Cinta Membuat Anak Menjadi Lebih Pintar