Bully merupakan tindakan penindasan baik secara mental menggunakan kata-kata ataupun kekerasan fisik. Akhir-akhir ini banyak kasus penindasan yang tidak hanya terjadi pada orang dewasa, namun anak usia sekolah dasarpun juga telah menjadi korban bully. Karena orang tua tidak bisa mengawasi anaknya selama 24 jam penuh baik di lingkungan sekolah maupun di tempat lainnya, maka Anda bisa mencoba beberapa tips agar anak terhindar dari bully:

  1. Tingkatkan kemampuan si cilik untuk bersosialisasi: Biasanya orang yang susah bergaul mudah menjadi bahan ejekan serta tindasan orang lain. Hal ini pun bisa terjadi di lingkungan sekolah si kecil. Oleh karena itu, sebagai orang tua Anda harus bisa mengajarkan si cilik untuk lebih percaya diri dalam bergaul serta memiliki kemampuan dasar agar bisa bersosialisasi dengan teman-teman sebayanya. Tetapi Anda tidak perlu mengharuskan dia untuk jadi yang paling populer atau terkenal.
  2. Penuhi si cilik dengan rasa kasih sayang: Besarkanlah si kecil di lingkungan keluarga yang penuh cinta. Hal ini nantinya akan membuat si kecil mencontoh perilaku baik yang sudah diajarkan oleh orang tua di lingkungan sekolah mereka, sehingga si kecil pun terhindar dari penindasan maupun melakukan bully kepada temannya.
  3. Ajarkan kepada si cilik untuk lebih berani:stop bully Orang tua harus mengajarkan kepada si kecil untuk bersikap tegas saat menghadapi bully, tetapi bukan berarti melawan dengan kekerasan. Si cilik harus berani untuk berkata “tidak” dan “stop” pada bullying. Dengan menunjukkan sikap berani niscaya hal ini akan menjadi tips agar anak terhindar dari bully, salah satu usaha yang dapat dilakukan adalah ikut latihan bela diri tetapi sejak dari awal si cilik harus diberi pemahaman bahwa kegiatan bela diri adalah untuk menjaga diri dan menghargai orang lain bukan untuk balas dendam.
  4. Selalu beri si cilik perhatian yang cukup: Orang tua harus dekat dengan si cilik sehingga dia akan lebih mudah dan leluasa bercerita tentang hal-hal yang terjadi di sekolahnya. Jika si kecil menjadi korban bully ataupun melakukan tindakan bully maka orang tua bisa bertindak cepat.
  5. Kembangkan rasa percaya diri si cilik: Jika si kecil terlihat pemalu, dan penakut maka ia akan mudah menjadi korban bully. Orang tua harus mengajarkan mereka agar lebih percaya diri.

Tips agar anak terhindar dari bully ini bisa diterapkan di lingkungan lain, dan tidak hanya di lingkungan sekolah.