Banyak orang tua yang ingin merencanakan dana pendidikan untuk si kecil nanti lewat asuransi dan untuk itu Anda harus tahu plus minus asuransi pendidikan anak agar sebelum betul-betul mendaftar informasi ini bisa menjadi pertimbangan yang baik.

Plus Minus Asuransi Pendidikan Anak

Kelebihan:

  1. Asuransi pendidikan ada dua jenis yaitu asuransi pendidikan murni tanpa investasi dan asuransi pendidikan unit link yang dipadukan dengan investasi. Berikut kelebihan asuransi-asuransi tersebut:
  2. Baik asuransi pendidikan unit link dan asuransi pendidikan murni sama-sama menawarkan rencana pendidikan untuk sang buah hati yang dapat dicairkan saat si kecil mulai masuk sekolah. Sehingga, di masa mendatang orang tua tidak perlu pusing membayar biaya sekolah.
  3. Asuransi pendidikan unit link menawarkan keuntungan yang dipadukan dengan investasi sehingga orang tua tidak hanya mendapatkan uang untuk biaya pendidikan, namun juga keuntungan berlipat ganda.
  4. Asuransi unit link menawarkan pencairan dana yang fleksibel sesuai kesepakatan nasabah dan perusahaan asuransi.
  5. Asuransi pendidikan murni dapat mempersiapkan biaya pendidikan si kecil hingga usia sekitar 20 tahun bahkan mungkin lebih.
  6. Asuransi pendidikan murni memberikan keuntungan yang Asuransi Pendidikanlebih pasti karena pencairannya sudah disepakati sejak awal, contoh: pencairan dana untuk masuk sekolah SD : Rp.5.000.000,- kemudian SMP : 10.000.000,-.

Kekurangan:

  1. Asuransi pendidikan murni tidak menawarkan keuntungan berlipat ganda seperti asuransi unit link.
  2. Asuransi pendidikan murni tidak menawarkan pencairan dana yang fleksibel.
  3. Asuransi pendidikan unit link keuntungannya tidak pasti karena asuransi ini memiliki dasar “high risk high return” bagi nasabah yang mendaftar. Jika investasi sedang tidak berjalan baik, maka nasabah asuransi pendidikan pun bisa merugi, dan sebaliknya.

Demikian beberapa plus minus asuransi pendidikan anak yang patut untuk dipertimbangkan. Perlu diingat bahwa dalam memilih perusahaan asuransi, kita tidak boleh sembarangan, pilihlah perusahaan yang bonafit dengan track record yang bagus. Oleh karena itu, sebelum memilih perusahaan asuransi pelajari terlebih dahulu tentang perusahaan tersebut dan jangan lupa untuk menanyakan hal-hal penting seperti masalah premi asuransi dan juga keuntungan yang akan diperoleh jika Anda ingin mendaftar asuransi pendidikan yang dipadukan dengan investasi atau unit link. Semoga informasi-informasi ini berguna bagi Anda dan si cilik untuk mempersiapkan masa depan nanti.