Pelecehan seksual yang dilakukan para pedofil lewat sosial media makin marak. Para pelaku biasanya melancarkan serangannya dan akhirnya mengajak ketemuan. Ternyata kasus ini tidak hanya terjadi pada orang dewasa namun si cilik pun bisa menjadi korban. Oleh karena itu, orang tua harus pintar-pintar menyiasati agar si cilik bisa hati – hati pedofil di sosial medial.

Tips-tips Agar si cilik Hati-hati Pedofil Di Sosial Media:

  1. Orang tua harus awasi saat anak bermain internet: Di jaman teknologi serba maju ini internet tidak mengenal batasan usia. si cilik pun bisa bermain jejaring sosial dengan bebasnya tanpa pengawasan orang tua. Kalau tidak hati-hati, maka mereka bisa menjadi korban para pedofil lewat internet. Saat si cilik bermain di jejaring sosial sebaiknya orang tua melakukan pengawasan penuh sehingga bisa tahu apa saja yang dilakukan si cilik di jejaring sosial mereka.
  2. Hindari pasang foto dengan busana minim atau terbuka: Orang tua harus memberitahu si cilik agar jangan suka memasang atau upload foto dengan pakaian minim atau terbuka. Hal ini nanti akan memancing para pelaku pedofilia untuk mulai melakukan serangan dan bujuk rayu. Selain itu, foto-foto dengan pakaian minim bisa diedit menjadi gambar-gambar tidak senonoh oleh sang pelaku kemudian disebarkan di jejaring sosial.kids safe on social media
  3. Jangan terima permintaan pertemanan dari orang yang tidak dikenal: Beritahu si cilik jangan menerima pertemanan di jejaring sosial dengan orang yang tidak dikenal karena para pelaku pedofilia bebas berkeliaran di dunia maya tersebut.
  4. Hindari mendaftarkan anak ke akun sosial media: Kita semua tahu bahwa biasanya akun jejaring sosial memiliki syarat batasan umur untuk mendaftar. Sebagai orang tua, kalau memang si cilik belum cukup umur sebaiknya tidak perlu mendaftarkan mereka dahulu. Selain melanggar aturan, hal ini bisa menghindarkan si cilik dari pedofil di jejaring sosial.
  5. Jangan share lokasi anak: Di jejaring sosial ada pilihan untuk men-share lokasi di mana kita berada. Sebaiknya, jangan suka meng-update status lokasi Anda dan si cilik di manapun berada sebagai salah satu cara untuk hati -hati pedofil di sosial media.