Dari penelitian, cinta membuat anak menjadi lebih pintar, hal tersebut didasarkan pada sebuah penelitian yang dilakukan oleh Kim Bard dan rekan-rekannya dari Universitas Portsmouth di Inggris. Mereka melakukan penelitian dengan 46 bayi simpanse yatim piatu. Hasilnya adalah bayi simpanse yang dekat dengan sosok atau tokoh ibu dapat memiliki hasil tes kognitif yang lebih baik dibandingkan dengan bayi-bayi simpanse yang tidak mendapatkan kasih dari sosok orang tua dan mereka hanya diberi makan, tempat tinggal, serta didekatkan dengan teman-teman sesama simpanse yang sebaya.

Namun, rupanya berita tersebut bukanlah berita baru karena sebelumnya sudah ada penelitian yang sama oleh Harry Harlow di tahun 1950-an. Peneliti tersebut meneliti bayi-bayi monyet dan menemukan bahwa mereka yang kekurangan cinta serta kasih sayang bisa menjadi gila. Penelitian Harry tersebut dilakukan dengan cara membuat dan memasukkan ibu monyet palsu yang terbuat dari kawat ke dalam kandang, selain itu, dia juga membuat ibu monyet palsu lain yang ditutupi dengan kain handuk. Setelah diperhatikan, bayi monyet-monyet tersebut terus menerus menempel pada ibu monyet palsu yang ditutupi handuk daripada patung ibu monyet palsu yang tersebuat dari kawat. Dari sana, peneliti menyimpulkan bahwa sentuhan lembut itu memang diperlukan oleh bayi.

Kesimpulan Dari Penelitian: Cinta Membuat Anak Menjadi Lebih Pintarlove
BerdasarkanĀ  penelitian di atas, rupanya perlu disadari bahwa bayi memerlukan kasih sayang ibu atau orang tua. Jika biasanya banyak orang tua bersikeras untuk membiarkan bayi atau si cilik menangis serta tidur sendiri agar lebih mandiri, dengan adanya penelitian ini mengubah pandangan tersebut.

Lebih lanjut, rupanya penelitian yang dilakukan oleh Bard lewat kemampuan tes kognitif simpanse menunjukkan hasil mengejutkan yaitu kesimpulan yang didapat dari penelitian, cinta membuat anak menjadi lebih pintar. Bard menguji simpanse yang dipelihara dengan baik memiliki IQ yang lebih tinggi daripada simpanse yang tidak dipelihara dengan kasih sayang. Melalui hasil uji tersebut sebetulnya sama saja dengan kita manusia yang semenjak kecil perlu cinta dan pemeliharaan orang tua. Dan untuk meningkatkan minat anak untuk selalu rajin belajar anda dapat membacanya disini

Sumber:

http://www.livescience.com/3280-love-kids-smarter.html