Sering memanjakan buah hati apalagi dari kecil bisa menyebabkan mereka bertindak egois dan oleh karena itu, ada cara mendidik anak agar tidak egois. Jika orang tua melihat bahwa buah hati mereka sudah berperilaku egois, misal jika keinginan tidak dituruti langsung marah ataupun menangis, tidak mau berbagai dengan kakak/adiknya maupun orang lain, serta ingin selalu menang, maka sudah saatnya Anda melakukan tips-tips berikut ini:

  1. Ada batasan: Mencintai buah hati dan memberikan apa yang mereka minta memang tidak salah, namun Anda juga harus tetap memberikan batasan dan jangan selalu semua hal harus dituruti karena hal ini akan memicu sikap manja serta egois. Padukan gaya mendidik antara cinta dengan ketegasan.
  2. Berikan contoh langsung: Orang tua adalah panutan bagi si kecil, mereka melihat dan menirukan apa yang kita lakukan. Oleh karena itu, berikan contoh kepada si kecil dan ajarkan bagaimana menyenangkannya untuk berbagi dengan orang lain. Mendidik anak agar tidak egois dapat dilakukan dari hal-hal terkecil, misalnya memungut sampah, menolong menyeberangkan orang tua, berbagi mainan, dan sebagainya.
  3. Jangan suka membanding-bandingkan buah hati Anda dengan orang lain: Sebagai orang tua tidak baik apabila terus menerus membandingkan si kecil dengan orang lain. Contoh: mengenai pakaian, nilai pelajaran, potongan rambut, mainan, dan sebagainya. Jika si kecil selalu mendengarkan orang tua mereka yang suka membanding-bandingkan maka otomatis nantinya mereka akan berperilaku yang sama.jgn-egois
  4. Ajarkan perasaan untuk berempati: Orang tua harus mampu mengajarkan si kecil bagaimana memiliki rasa empati kepada orang lain sehingga mereka tidak egois. Coba tanyakan pertanyaan-pertanyaan sederhana kepada si kecil, seperti apabila dia berada di posisi orang lain.
  5. Jangan memuji si kecil secara berlebihan: Tidak salah sebagai orang tua untuk memuji buah hati mereka dan malahan hal tersebut sangat dianjurkan. Namun, janganlah berlebihan karena nantinya si kecil akan berpusat hanya pada dirinya sendiri, pujilah mereka ketika mereka memang pantas atau layak untuk dipuji dan tegur mereka saat mereka berbuat salah.

Itulah lima cara untuk mendidik anak agar tidak egois yang patut untuk dicoba oleh para orang tua.