Mengenalkan anak dengan hewan peliharaan menjadi hal yang penting apalagi mungkin saat ini buah hati Anda sedang ingin memelihara mereka di rumah. Mengenalkan di sini yang dimaksud adalah bagaimana si kecil berinteraksi secara langsung dengan hewan peliharaan dan bukan sekedar melihat di televisi ataupun buku bergambar. Ada orang tua yang mungkin takut memperkenalkan si kecil dengan peliharaan, namun berikut ada beberapa cara jitu yang aman agar anak bisa dengan cepat familiar terhadap hewan peliharaan:

  1. Mulailah perkenalan dengan mengajak si kecil untuk menonton film yang bertema binatang peliharaan. Selain lewat film, orang tua juga bisa membeli buku-buku bacaan tentang hewan peliharaan.
  2. Ajak buah hati Anda untuk melihat binatang peliharaan secara dekat. Anda bisa mengajaknya ke toko hewan peliharaan dan mulailah memperkenalkan mereka satu persatu kepada si kecil. Berikan kesempatan kepada si kecil untuk mencoba menyentuh atau mengelus-elus mereka seperti Anjing atau Kucing. Ada juga orang tua yang mengajak buah hati mereka pergi ke kebun binatang agar dapat mengenal jenis-jenis hewan sebagai penambah ilmu pengetahuan. Memang di kebun binatang tidak semua hewan bisa dijadikan peliharaan, namun dengan begini si kecil dapat membiasakan diri untuk tidak takut dengan hewan.hewan01
  3. Coba beli buku panduan cara memelihara hewan peliharaan dengan benar. Tanyakan kepada si kecil mereka mau memelihara hewan apa, kemudian belilah buku tentang cara merawat yang benar. Di toko buku juga banyak tips-tips dari orang berpengalaman tentang cara mengenalkan anak dengan hewan peliharaan.
  4. Ternyata untuk mengenalkan si kecil dengan binatang peliharaan, Anda juga perlu melatih hewan tersebut untuk bisa familiar dengan buah hati Anda. Contohnya, jika Anda memelihara anjing maka mulailah dengan memperkenalkan aroma bayi ke hewan peliharaan baru Anda. Dengan cara ini maka anjing akan cepat mengenali majikannya dan tidak akan berbahaya bagi si kecil.

Demikian empat cara jitu mengenalkan anak dengan hewan peliharaan yang bisa para orang tua coba di rumah.