Ada beberapa penyebab umum anak menjadi kurus yang patut diperhatikan oleh orang tua. Hal ini penting karena bisa menghindarkan kecurigaan-kecurigaan yang belum tentu benar, misalnya si cilik yang semakin kurus dan tidak kunjung bertambah berat badan bisa dicurigai terkena penyakit TBC. Namun, belum tentu penyakit TBC adalah satu-satunya penyebab si cilik menjadi kurus.
Kenapa si cilik bisa menjadi kurus? Salah satu hal yang sering dipusingkan oleh orang tua adalah susahnya memberi makan kepada mereka, sehingga menyebabkan gangguan pada berat badan serta tinggi badan si cilik.

Berbagai Alasan Umum Anak menjadi Kurus

Ada banyak alasan mengapa si cilik menjadi kurus dan sulit makan. Hal tersebut bisa disebabkan oleh kurangnya nafsu makan, pengaruh/ gangguan psikologis, dan gangguan proses makan di mulut.

  • Kurangnya nafsu makan: Penyebab umum anak menjadi kurus salah satunya adalah berkurangnya nafsu makan atau bahkan tidak ada nafsu makan sama sekali. Masalah pada saluran pencernaan bisa menjadi penyebabnya, selain itu penyakit seperti cacingan dan TBC maupun penyakit infeksi lainnya bisa juga menjadi alasan. Yang terakhir karena si cilik mengalami alergi makanan tertentu sehingga menimbulkan susah makan.jani-makan
  • Gangguan psikologis: Alasan yang satu ini memang bisa menyebabkan nafsu makan berkurang, misalnya si cilik yang kurang memiliki hubungan harmonis dengan orang tua, ada masalah keluarga, suasana rumah yang tidak baik, dan berbagai masalah lainnya dapat membuat si cilik sedih, tidak bahagia, dan frustasi sehingga menyebabkan kurang nafsu makan. Coba cek apabila benar penyebab umum anak menjadi kurus yang satu ini adalah sumber utamanya.
  • Gangguan proses makan: Gangguan ini salah satunya bisa disebabkan karena adanya masalah pencernaan seperti mual, ingin muntah, dan sakit perut. Contoh gangguan tersebut dapat memicu gangguan motorik mulut seperti tidak sengaja menggigit lidah sendiri yang menyebabkan si cilik sulit makan. Gangguan proses makan bisa juga terjadi karena kelainan bawaan semacam bibir sumbing, tenggorokan yang terbelah, dan kelainan mulut lainnya.

Itulah tiga penyebab umum anak menjadi kurus karena sulit makan sehingga berpengaruh terhadap tumbuh kembang mereka.

Sumber:

http://health.kompas.com/read/2011/02/24/1422484/Mengapa.Anakku.Kurus.dan.Sulit.Gemuk.
http://growupclinic.com/2012/05/06/anakku-kurus-dan-sulit-makan-terlanjur-diobati-tbc-padahal-sehat/