Sudah diketahui oleh semua orang bahwa wortel memiliki nilai gizi dan manfaat wortel untuk anak. Namun, mungkin Anda sebagai orang tua belum tahu manfaat secara mendetail dari sayur ini.

Wortel memiliki kandungan vitamin dan mineral baik untuk si cilik. Perlu diketahui bahwa orang tua dapat memberikan wortel untuk dikonsumsi si cilik saat mereka sudah berusia sekitar 6 sampai dengan 7 bulan. Di umur tersebut, balita memang sudah memerlukan makanan padat untuk membantu perkembangan mereka.
Berikut Beberapa Nilai Gizi dan Manfaat Wortel untuk Anak:

  1. Melancarkan sistem pencernaan: Saat Anda ingin memberi makan wortel, sebaiknya dikupas kulitnya kemudian dikukus terlebih dahulu agar lunak dan mudah dicerna oleh si cilik. Wortel rupanya membantu pencegahan asam perut yang sering banyak dialami oleh bayi. Selain itu, sekresi enzim di dalam pencernaan juga dapat terangsang.
  2. Membantu atasi sakit cacingan: Dibandingkan orang dewasa, si cilik lebih rentan terhadap sakit cacingan. Anda bisa berikan sup wortel atau wortel yang sudah dikukus kemudian ditumbuk agar cacing segera bisa diatasi dan keluar dari usus.Manfaat Wortel
  3. Menguatkan sistem imun: Wortel mengandung vitamin C yang berguna meningkatkan daya tahan tubuh serta mencegah infeksi.
  4. Menyehatkan mata: Wortel adalah salah satu sumber vitamin A yang sudah tentu baik bagi kesehatan mata si cilik.
  5. Mengatasi sakit diare: Coba berikan sup wortel beberapa kali selama si cilik mengalami diare karena dapat mengganti air yang hilang saat diare sekaligus menghentikanya. Perlu diingat bahwa si cilik tetap harus diperiksakan ke dokter karena hal ini hanya digunakan untuk mengatasi dehidrasi yang disebabkan oleh diare.
  6. Mengatasi sembelit: Wortel mengandung banyak serat yang baik mengatasi sembelit atau susah BAB.

Dalam memberikan makan wortel kepada si cilik, Anda harus memberikannya secara perlahan. Mulailah dengan satu sendok teh sehari, kemudian mulai ditingkatkan misal dua sendok teh pada minggu ke-2, kemudian di minggu ke-3 bisa tiga sendok teh. Dengan cara ini si cilik dapat belajar membiasakan diri makan wortel serta mendapatkan nilai gizi dan manfaat wortel untuk anak.

Sumber:

  • http://id.wikipedia.org/wiki/Wortel
  • http://www.carakhasiatmanfaat.com/artikel/manfaat-wortel-untuk-bayi-6-bulan.html