Di sekolah tanpa pengawasan dari orang tua maka anak bisa memilih jajanan kurang sehat yang berbahaya bagi kesehatan. Meskipun memang rasa jajanan tersebut enak, namun jika dikonsumsi terus menerus bisa memicu penyakit. Berikut tips memilih jajanan yang baik untuk si cilik:

  1. Jangan memilih jajanan dengan warna yang terlalu ngejreng atau mencolok karena bisa jadi bahan pewarna yang digunakan bukan berasal dari perwarna makanan yang aman. Contoh: es berwarna, permen, dan minuman sirup.
  2. Pilihlah jajanan sehat yang ada lambang halal, tanggal kadaluarsa, merek, nama produsen, bahan-bahan makanan yang digunakan, jumlah kalori, dan sebagainya di kemasan produk tersebut.
  3. Beritahukan si kecil hati-hati dalam memilih jajanan. Jangan sampai mereka membeli makanan dari warung-warung yang kurang terjaga kebersihannya, misal banyak lalat, kotor, dan alat makan tidak dicuci dengan air bersih serta sabun. Ingatkan mereka juga untuk berhati-hati saat membeli jajanan di pedagang kaki lima yang mungkin kurang higienis.

Memilih jajanan yang baik untuk anak Anda adalah dengan cara mengetahui jenis-jenis panganan yang sering dibeli oleh si kecil. Dengan begitu Anda bisa tahu apakah jajanan tersebut sehat atau tidak, berikut contohnya:

  1. cakes-466166_1280Cilok: Aci di colok atau cilok adalah jajanan yang sering dijual para pedagang kaki lima di sekitar lingkungan sekolah. Beberapa pedagang Cilok menggunakan saus merah dan rasanya kenyal. Pengenyal yang digunakan terbuat dari boraks. Selain itu, saus merah yang suka dibeli oleh para pedagang kaki lima adalah saus merah yang sangat murah di mana mengandung Rhodamin B yang merupakan perwarna tekstil.
  2. Es Limun Warna-warni: Bila anda menjumpai es limun warna-warni rasa buah ini anda harus hati – hati karena karena mengandung Rhodamin B dan pemanis yang dipakai pun adalah pemanis buatan.

Memilih jajanan yang baik untuk anak Anda dengan cara membuat bekal sendiri untuk si kecil seperti:

  1. Es loli yang terbuat dari jus buah dan buah-buahan segar. Campurkan dengan yogurt kemudian dicetak dengan cetakan es.
  2. Roti tawar dengan selai kacang atau strawberry yang lezat. Anda juga bisa membuat sandwich yang diisi daging, tomat, dan keju
  3. Kue-kue seperti muffin dan atau cookies yang terbuat dari oat.