Perlu diwaspadai bahwa buah-buahan yang dapat menimbulkan alergi pada anak dapat menyebabkan gangguan yang tidak nyaman. Gejala alergi setelah mengonsumsi makanan “pantangan” bisa terjadi beberapa menit bahkan sampai dengan 2 jam setelah memakan makanan tersebut, untuk itu bagi bayi atau anak yang baru pertamakali mengkonsumsi salah satu buah ada baiknya untuk mencobanya sedikit terlebih dahulu untuk mengetahui reaksinya. Berikut akan kita bahas apa saja gejala yang bisa timbul dan jenis-jenis buah-buahan apa saja yang dapat menyebabkan alergi.

Gejala Umum Alergi yang Dapat Terjadi

Gejala alergi pada buah biasanya ringan dan dapat terjadi di sekitar area mulut serta tenggorokan. Namun, reaksi setiap orang juga bisa berbeda-beda:

  1. Gatal-gatal di area bibir, mulut, dan tenggorokan gejala ini rupanya juga disebut sebagai “sindrom alergi oral”).
  2. Eksim atau gatal-gatal.
  3. Bagian badan tiba-tiba bengkak seperti pada bagian tenggorokan, lidah, bibir, wajah, dan juga bagian-bagian tubuh yang lain.
  4. Sulit bernapas dan hidung yang tersumbat.
  5. Pusing, sakit kepala ringan, mual, diare, muntah-muntah, sakit perut, bahkan pingsan.

Ada juga alergi parah yang bernama anafilaksis atau anaphylaxis. Alergi tersebut dapat mengancam nyawa jika tidak segera ditangani. Jangan sampai buah-buahan yang dapat menimbulkan alergi pada anak menyebabkan reaksi ini, apabila iya maka harus segera diobati. Berikut reaksinya:

  1. Tenggorokan bengkak atau tenggorokan terasa ada yang menyumbat sehingga sulit bernapas.
  2. Nadi mendadak berdenyut kencang.
  3. Syok yang disertai tekanan darah menurun.
  4. Sesak napas dan saluran pernapasan terasa kencang.
  5. Hilang kesadaran, pusing, dan sakit kepala ringan.

Buah-buahan yang Dapat Menimbulkan Alergi Pada Anakbuah - buahan

Si cilik bisa alergi protein yang ada di buah-buahan serta sayuran, hal ini terjadi karena adanya reaktivitas silang dengan protein yang ada di serbuk sari. Protein di buah dan sayuran hampir mirip dengan protein yang ada di serbuk sari tersebut. Contoh buah-buahan ataupun sayuran yang dapat menyebabkan alergi seperti apel, wortel, pir, kentang, hazelnut, seledri, buah persik, melon, pisang, tomat, kacang, wortel, bawang putih, jeruk, paprika, semangka, dan rempah-rempah. Perlu diingat untuk mencegah alergi tersebut, maka Anda bisa memasak buah-buahan yang dapat menimbulkan alergi pada anak terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

Sumber:

  • http://www.foodallergens.info/Allergenic_Foods/Fruit.html
  • http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/food-allergy/basics/symptoms/con-20019293
  • http://en.wikipedia.org/wiki/Fruit_allergy