Meskipun penting, namun karena beberapa alasan, bisa jadi si cilik tidak bisa mendapatkan ASI. Penyebabnya, bisa berasal dari si ibu maupun si cilik sendiri. Oleh karenanya, pengetahuan mengenai berbagai jenis susu formula dan manfaatnya, sangat penting bagi para ibu terutama ibu muda.

1. Berbagai Wujud Susu Formula

Berdasarkan wujudnya, susu formula dapat dibedakan atas susu formula instan, susu formula konsentrat bubuk, dan susu formula konsentrat cair. Susu formula instan merupakan jenis susu formula yang paling mudah digunakan. Susu formula ini sangat bermanfaat ketika Anda ragu dengan kebersihan air di tempat Anda. Dengan susu formula ini, Anda tinggal menyajikannya saja pada si cilik tanpa mencampurkannya dengan air. Berbeda dengan susu formula instan, susu formula konsentrat cair membutuhkan pencampuran air dalam penyajiannya. Dibanding susu formula bubuk, kelebihan susu ini ialah penyajiaannya yang lebih cepat. Adapun, susu formula bubuk merupakan susu yang penyajiannya membutuhkan waktu paling lama. Namun, susu ini lebih murah dan mudah dibawa.

2. Jenis Susu Formula Berdasarkan Asalnya

Berbagai jenis susu formula dan manfaatnya juga dapat dibedakan atas bahan dasar susu formula tersebut. Biasanya, kita mengenal susu formula yang berasal dari susu sapi dan kedelai. Di luar itu, juga terdapat bahan pembuat susu lain. Pada beberapa kasus intoleransi laktosa, terdapat susu bebas laktosa sebagai solusi untuk si cilik yang tidak bisa mengonsumsi bahan tersebut. Susu formula kedelai juga dapat dimanfaatkan untuk si cilik yang intoleran terhadap laktosa.

3. Jenis Susu Formula Berdasarkan Manfaatnya

botol-susu

Berdasarkan manfaatnya, susu formula dapat dibedakan sebagai berikut:

  1. Susu formula hidrolisat yang memiliki manfaat membantu si cilik yang kesulitan menyerap nutrisi seperti pada kasus bayi premature
  2. Susu formula untuk bayi prematur dan berat lahir rendah yang memang dikhususkan untuk bayi premature dan berat lahir rendah
  3. Fortifier ASI yang bermanfaat memberikan zat nutrisi tambahan selain ASI bagi si cilik yang menderita suatu penyakit.
  4. Susu formula metabolik yang bermanfaat membantu si cilik yang membutuhkan zat khusus karena penyakit tertentu.

sumber : http://www.medkes.com/2013/06/panduan-memilih-susu-formula-untuk-bayi.html