Film tentang perjuangan selalu seru untuk dinantikan, Battle of Surabaya merupakan film tentang perjuangan yang menggunakan format animasi diharapkan secara visual menjadi lebih dramatis dan menghibur.

Diproduksi oleh MSV Pictures dan disutradai oleh sutradara Aryanto Yuniawan, yang cukup membanggakan Battle of Surabaya telah meraih berbagai penghargaan, antara lain Most People’s Choice Award IMTF (International Movie Trailer Festival) 2013, Nominee Best Foreign Animation Award 15th Annual Golden Trailer Award 2014.

battle-of-surabayaSynopsis Battle of Surabaya

Walaupun merupakan cerita fiksi Battle of Surabaya mengambil ide dari kejadian nyata saat berlangsungnya pertempuran 10 November 1945 yang kita kenal dengan Hari Pahlawan. Ditengah konflik peperangan  tersebut diceritakan ada seorang anak yang bernama musa dari keluarga tidak mampu yang berusaha menyambung hidupnya dengan bekerja menjadi penyemir sepatu yang kemudian dipercaya menjadi kurir mengirim surat dan sandi rahasia kepada pejuang. Uniknya sandi sandi tersebut disamarkan dengan lagu Рlagu keroncong yang disiarkan melalui radio amatir yang didirikan bung Tomo. Kesan dramatis dan dilematis muncul ketika Musa harus kehilangan harta benda dan juga orang Рorang yang dikasihinya ditambah lagi harus berhadapan dengan barisan mata Рmata kipas hitam yang dapat menggagalkan usahanya.

Nilai – nilai kepahlawanan

Yang pasti Film Battle of Surabaya sarat akan nilai – nilai edukatif dan kepahlawanan yang saat ini mulai memudar di kalangan anak muda, seperti kita ketahui melalui sejarah bahwa pada saat itu para pejuang kita menggunakan senjata untuk melawan musuh hanya berupa bambu runcing tetapi hal ini tidak langsung mengecilkan hati dan juga tidak mengurangi semangat para pejuang untuk dapat merebut kemerdekaan. Begitu juga tokoh Musa yang digambarkan dalam film Battle of Surabaya yang hanya seorang penyemir sepatu tetapi bersedia mengorbankan jiwa dan raganya untuk mengusir penjajah dari bumi Indonesia.

Kapan Battle of Surabaya tayang?

Untuk informasi rilis film bila tidak ada perubahan kemungkinan besar Battle of Surabaya dapat disaksikan di bioskop mulai 20 Agustus 2015. Jadi jangan sampai lewatkan penayangannya di bioskop terdekat, ada baiknya orang tua ikut mendampingi anaknya.

Sumber:

– http://battleofsurabayathemovie.com
– http://id.wikipedia.org/wiki/Battle_of_Surabaya