Tidak banyak film anak-anak yang bisa dijadikan referensi untuk menghibur sekaligus mendidik si cilik. Namun, tahun ini, salah satu film keluaran Walt Disney Picture, yakni film Inside Out, jelas dapat kita andalkan untuk menghibur sekaligus mendidik si cilik. Kira-kira, film ini bercerita tentang apa, ya?

Inside out pada dasarnya mengisahkan sebuah cerita dimana si cilik akan diperkenalkan untuk mengamati isi pikiran seseorang dengan cara yang lucu. Pada film ini, kita memang tidak akan berjalan-jalan ke berbagai benua atau negara. Kisah film ini berada pada lokasi yang dimiliki oleh semua orang di dunia, yakni di pikiran mereka!

Sinopsis Film Inside Out

Film Inside Out mengisahkan Riley yang harus memulai kehidupan baru karena mengikuti ayahnya pindah ke San Fransisco. Semua kehidupan di lingkungan sebelumnya pun harus ia tinggalkan untuk beradaptasi di lingkungan barunya itu. Tuntutan ini tentu membuat diri Riley bergolak, tak terkecuali emosinya.

inside-out

Sebagaimana manusia lain, Riley sangat dipengaruhi dan dituntun oleh emosinya. Dia memiliki elemen-elemen emosi seperti Joy (keceriaan), Fear (ketakutan), Anger (kemarahan), Disgust (rasa jijik), hingga Sadness (kesedihan). Di film ini, semua elemen emosi Riley digambarkan dengan sosok nyata. Sosok-sosok tersebut hidup dalam kepala Riley tepatnya di Headquarters yang merupakan pusat control pikiran Riley. Disini, para sosok emosi akan memberikan nasehat pada Riley dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Berbagai cara Riley dalam menghadapi masalah dari yang sepele hingga yang besar sangat dipengaruhi oleh sosok-sosok ini.
Saat Riley pindah, tentu terjadi pergolakan di Headquarters. Sebab, Riley dengan semua karakter emosinya, harus bertahan dan berjuang untuk beradaptasi dengan lingkungan baru yang tentu saja tidak mudah. Meskipun sudah diperjuangkan mati-matian oleh Joy, namun konflik emosi di kepala Riley tetap tidak bisa dihindari saat harus menghadapi lingkungan yang baru. Kira-kira bagaimana, ya, nasib Riley selanjutnya?

Untuk mengetahui kisah Riley selanjutnya tentu kita harus bersabar menunggu rilis film ini yang konon akan dilaksanakan pertengahan tahun ini. Yang jelas film Inside Out memang pantas dijadikan alternatif untuk menghibur sekaligus mendidik si cilik. Di film ini, kita bisa mengajarkan si cilik untuk mengenal emosinya sendiri dengan cara yang menarik sekaligus mudah ia pahami.

© 2014 – Disney/Pixar