Biasanya orang tua terutama sang ibu sangat memperhatikan fashion si kecil. Mereka sibuk memilih-milih berbagai macam model pakaian, aksesoris, dan warna yang harus dipakai oleh si kecil, baik saat di rumah maupun saat sedang bepergian. Salah satu warna yang paling populer untuk kategori fashion adalah warna biru(1). Warna biru sangat disukai para orang tua dan biasanya mereka memilih pakaian yg mereka sukai untuk si kecil.

Warna biru tidak hanya cocok untuk anak yang berjenis kelamin laki-laki, namun warna ini juga cocok dipakaikan untuk perempuan(2). Selain itu, pengaruh warna biru pada anak rupanya dapat mewakili perasaan atau mood si kecil. Warna biru menggambarkan perasaan gembira, tenang, dan nyaman(3). Jika si kecil memilih pakaian berwarna biru maka hal tersebut dapat merepresentasikan kondisi si kecil yang sedang ceria dan bahagia(4).

Tips Fashion Warna Biru untuk Si Kecil dan Pengaruh Warna Biru Pada Anak.baju-biru

Warna biru cocok dipakai si kecil di segala usia baik balita maupun mereka yang sudah mulai beranjak dewasa. Dengan warna biru si kecil akan kelihatan lebih ceria dan menampilkan energi positif(4). Selain itu, warna biru adalah warna natural sehingga cocok dipakai untuk si kecil baik yang berkulit cerah ataupun gelap. Jika si kecil memiliki kulit gelap maka warna biru cerah akan membuat dia tampil lebih menarik, dan sebaliknya untuk kulit berwarna cerah coba pilih warna biru gelap agar kulit si kecil tidak kelihatan menjadi terlalu pucat(5).

Coba Anda padukan warna biru pada pakaian si kecil dengan warna-warna lainnya. Anda bisa memilih untuk memadukan warna biru dengan warna cerah lainnya seperti warna putih, merah jambu, dan kuning. Tentunya pakaian untuk si kecil bisa dipilih dari berbagai macam desain mulai dari model pakaian gamis, baju tidur, kerudung, jaket, celana, rok, baju pesta, dan sebagainya. Coba ajak si kecil untuk memilih sendiri baju warna biru apa yang ingin dipakai sehingga mereka belajar untuk menjadi lebih kreatif dan orang tua pun juga akhirnya dapat mengetahui warna kesukaan si cilik.

Sumber:

  1. Behold, Pantone’s Color Of Spring 2014. http://www.refinery29.com/2013/09/52673/pantone-2014-color-dazzling-blue
  2. Nia Nurdiansyah, S.Psi.”Buku Pintar Ibu & Bayi”, hal 304.
  3. Pamela Espeland, “Buku Pintar Remaja Gaul: Penuntun Agar Sukses Belajar, Bergaul, dan Tetap Fun”, hal 309.
  4. Bangkitkan Mood dengan Pilihan Warna Ceria http://blog.tuneeca.com/moslem-fashion/bangkitkan-mood-dengan-pilihan-warna-ceria/
  5. Tips Tepat Memilih Busana Sesuai Warna Kulit. http://media.zoya.co.id/tips-busana/tips-tepat-memilih-busana-sesuai-warna-kulit