Agar tidur anak Anda nyenyak dan tidak terganggu, maka memilih baju yang nyaman menjadi hal yang sangat penting. Saat ini model baju tidur baik untuk bayi maupun yang sudah agak besar ada bermacam-macam, mulai dari desain pakaiannya, warna, serta bahan. Tentunya sebagai orang tua kita harus memilih pakaian yang terbaik untuk si kecil. Oleh karena itu, berikut cara-cara yang bisa dilakukan untuk memilih baju tidur yang pas untuk si buah hati:

  1. Hindari aksesoris yang kecil: Biasanya anak kecil rasa ingin tahunya tinggi oleh karena itu hindari aksesoris kecil yang mudah lepas dan dikhawatirkan akan dimasukan kedalam mulut oleh si cilik. Contoh aksesoris yang rawan untuk lepas dan dapat ditelan si cilik antara lain: mote, payet, ataupun kancing.
  2. Bedakan baju tidur perempuan dengan laki-laki: Hal pertama yang harus dilakukan mestinya adalah membedakan mana pakaian tidur untuk perempuan dan laki-laki karena model dan bentuknya pasti berbeda. Biasanya piyama untuk laki-laki berwarna biru, hijau, merah, dan lain sebagainya dengan model celana dan lengan panjang atau pendek. Untuk pakaian perempuan lebih bervariasi dalam hal warna dan modelnya bisa berupa piyama maupun daster mini.baju-tidur
  3. Belilah ukuran pakaian tidur yang pas untuk si kecil dan jangan terlalu longgar apalagi jika untuk bayi. Biasanya orang tua berpikir pakaian tidur longgar lebih membuat nyaman si kecil saat tidur, namun anggapan ini salah karena si kecil bisa tercekik kain longgar dari pakaian mereka, dan hal ini justru membuat tidak nyaman terutama untuk mereka yang masih bayi. Oleh karena itu, memilih baju tidur yang nyaman untuk anak harus yang pas dipakai di badan, tidak terlalu ketat dan tidak terlalu longgar.
  4. Pilih baju tidur berbahan lembut dan mudah menyerap keringat. Pakaian yang lembut tidak akan membuat kulit si kecil iritasi, selain itu dia akan lebih nyaman dengan baju berbahan katun yang mudah menyerap keringat apalagi jika udara sedang panas di siang hari saat buah hati tidur siang.

Saat memilih pakaian tidur sebagai orang tua harus mempertimbangkan juga selera si kecil. Pilihlah pakaian dengan warna carah dan corak lucu sehingga mereka senang. Itulah beberapa cara memilih baju tidur yang nyaman untuk anak bagi orang tua.

Sumber: