Orangtua mana yang tidak ingin mengabadikan momen-momen menggemaskan si cilik? Apalagi, bila kita bisa menangkap momen si cilik dengan baik. Sayangnya, untuk mendapatkan momen-momen tersebut dengan baik bukanlah perkara mudah. Para orangtua perlu belajar memotret anak dan bayi dengan panduan yang tepat. Dengan demikian, bukan tidak mungkin kita bisa menghasilkan foto-foto si cilik yang tidak kalah dengan foto-foto si cilik yang ada di majalah.

Pelajari Dulu Kameranya
Tidak perlu mempelajari kamera seperti fotografer profesional. Yang terpenting, pelajarilah semua tombol pada kamera seperti fokus dan on/off.

Memotret Saat Mood si Cilik sedang Bagus
Agar proses pemotretan lancar, sebaiknya kita melakukannya saat mood si cilik sedang baik.

Perhatikan Pencahayaan
Tips belajar memotret anak dan bayi yang ketiga berkaitan dengan masalah pencahayaan. Cari tempat pemotretan dengan pencahayaan yang baik. Bila perlu, ajak si cilik keluar ruangan. Memotret si cilik di dalam rumah di dekat jendela juga dapat dilakukan. Tetapi usahakan jendelanya tidak membuat foto terlalu terang. Kita bisa mengatasi hal tersebut menggunakan tirai.

Hindari Matahari Terik
Matahari terik akan membuat si cilik menyipitkan matanya dan menimbulkan bayangan pada wajah mereka. Sebaiknya, kita memotret pada saat intensitas matahari tidak terlalu tinggi seperti di sore dan pagi hari.

photoN01Perhatikan Komposisi Warna
Perhatikan background dan warna pakaian yang dikenakan si cilik. Bila background dan pakaian si cilik tidak matching atau malah memiliki warna yang sama, foto yang dihasilkan pun tidak akan terlihat maksimal.

Jangan Paksa si Cilik
Ingat! Si cilik bukan orang dewasa atau foto model profesional. Si cilik yang masih kecil tidak akan bisa menyembunyikan perasaannya seperti kita. Jadi jangan paksa si cilik untuk berekspresi seperti yang kita mau saat ia benar-benar tidak ingin. Untuk mendapatkan foto yang bagus, bersabarlah untuk bisa memotret pada momen yang tepat.

Hindari Noda Mengganggu
Tips belajar memotret anak dan bayi yang ketujuh adalah hindari memotret si cilik dengan noda mengganggu. Noda-noda tertentu memang dapat diterima, tetapi untuk noda seperti keringat dan ingus sebaiknya kita hindari.

Jangan Foto saat Berlari
Kecuali kita fotografer profesional, memotret si cilik saat sedang berlari malah akan menghasilkan gambar yang kurang baik karena terlihat blur.

Perhatikan Posisi Mata
Untuk mendapatkan foto potret yang baik, fotolah si cilik dengan mata berada pada bagian atas foto, bukan bagian tengah.

Perhatikan Tema dan Nuansa Foto
Carilah ekspresi, emosi, dan relasi si cilik yang kuat. Misalnya, saat ia sedang terlihat bahagia bermain dengan mainannya atau saat ia sedang mencium sayang saudaranya.

Pemandangan Latar Belakang (Background) Juga Penting
Bila untuk pemotretan indoor mungkin anda dapat memasang kain sebagai latar belakang agar terlihat lebih fokus dan tidak ada hal yang mengganggu hasil pemotretan

Tidak Perlu Kebanyakan
Tidak perlu memotret terlalu banyak. Utamakan kualitas di atas kuantitas.

Demikian beberapa tips belajar memotret anak dan bayi. Semoga bermanfaat!