Si cilik yang cepat tumbuh besar memerlukan dua sampai tiga pasang sepatu karena sebagai orang tua, Anda tidak tahu kapan mereka mulai membutuhkan sepatu dengan tumbuh kembang drastis yang terjadi. Oleh karena itu, tips memilih sepatu anak perempuan yang nyaman dikenakan sangatlah perlu.

Cara Memilih Sepatu untuk Anak Perempuan

  1. Ukuran pas: Ajak si cilik ke toko sepatu untuk mendapatkan sepatu yang pas ukurannya. Anda bisa memakai alat ukur sepatu agar mendapatkan ukuran yang cocok. Jangan sampai jari-jari si cilik terhimpit sehingga kaki sulit bergerak karena hal tersebut juga akan mengganggu pertumbuhan. Sisakan paling tidak 1,5 cm di bagian ruang depan jari-jari tersebut.
  2. Sepatu berkualitas: Pastikan memilih sepatu berkualitas misal mudah menyerap keringat, bahan berpori, sol nyaman, serta tidak licin saat dipakai untuk jalan.
  3. Tunggu sampai si cilik mulai dapat berjalan: Jangan mengenakan sepatu keras dan kekecilan pada balitas yang baru belajar berjalan karena bisa merusak kakinya terutama bagian tulang rawan. Perhatikan betul tips memilih sepatu anak perempuan ini.
  4. Ukur kaki di sore hari: Rupanya di sore hari kaki si cilik akan lebih mengembang besar dibandingkan saat siang hari. Jadi, ukurlah di waktu tersebut.Sepatu Anak Perempuan
  5. Coba sepatu di dua kaki: Kaki kanan dan kiri si cilik bisa berbeda ukuran dan karenanya selalu coba pasangkan sepatu di kedua kakinya sebelum membeli.
  6. Pilih yang ada perekat: Si cilik yang selalu aktif akan membuat sepatu mereka mudah terlepas. Oleh karena itu, pilih yang ada sistem pengancingnya dimana dapat mudah diubah dan diatur oleh si cilik.
  7. Sol datar/ rata: Pilih sepatu bersol rata dan jangan yang memiliki tumit tinggi karena akan mengganggu pertumbuhan mereka. Tinggi tumit jangan melebihi 3,8 cm.
  8. Sepatu yang kokoh: Pilih sepatu yang terbuat dari bahan kokoh dan tebal agar menghindarkan si cilik dari cidera. Namun, sepatu juga harus memiliki bahan luwes dan mudah dibengkokkan.
  9. Cari bahan berpori: Kenakan sepatu dari bahan berpori seperti bahan kulit/ kanvas sehingga kaki si cilik tidak mudah bau dan melepuh.
  10. Jangan membeli yang kebesaran/kekecilan: Tips memilih sepatu anak perempuan yang terakhir adalah sebaiknya hindari membeli sepatu yang kebesaran atau kekecilan. Cari yang memiliki ruang cukup untuk kaki si cilik leluasa bergerak.